Ketika pembahasan mengenai apa
itu game dan revolusinya, maka yang perlu diketahui selanjutnya adalah
bagaimana cara pembuatan game itu sendiri. Pembuatan game secara logika
sama dengan membuat program biasa. bahasa pemrograman yang dapat digunakan
untuk membuat game sperti C/C++ , JAVA, Python, Php, dll. tidak ada aturan
tertentu yang mengatur bahasa mana yang boleh digunakan untuk membuat game.
guanakan saja bahasa pemrograman yang kita kuasai sehingga tentu lebih
memudahkan pemahaman dalam proswes pembuatan game tersebut.
Membuat sebuah game memerlukan
proses yang panjang dan sangat kompleks. pembuatan game tidak jauh beda dengan
pembuatan program perangkat lunak pada umumnya. terdapat beberapa tahap atau
session dalam proses pembuatan game. ada tahap merancang, membuat flowchart,
menulis source code, menguji program, debugging, mengompile, dan akhirnya lalu
mendistribusikan kepada masyarakat umum. perbedaan dari game dengan perangkat
lunak adalah adalah game memiliki banyak objek unik yang kompleks disamping
teknis pemrograman itu sendiri. suatu game tidak hanya melibatkan penciptaan
source code program saja, melainkan objek lain seperti animasi, musik,
kecerdasan buatan (AI),SFX, citra 2D dan 3D, alur cerita, hukum ekonomi, dan
lain sebagainya.
konteks sederhana dari pembuatan game adalah:
1. merancang/designing.
2. mewujudkan rancangan.
3. memprogram/mengcompile.
Perancangan game
1. merancang/designing.
2. mewujudkan rancangan.
3. memprogram/mengcompile.
Perancangan game
merancang suatu game memerlukan pemikiran yang
total, karena disinilah peran sang designer untuk mengembangkan bagaimana game
yang akan dibuatnya menjadi menarik dan bagus. untuk merancang suatu game yang
sangat “canggih” dibutuhkan waktu yang lama. hal ini dikarenakan seorang game
designer membutuhkan waktu yang bisa jadi bertahun-tahun hanya untuk
mengumpulkan ide dari suatu game yang akan dibuat nantinya. dalam mendesain/merancang
game, seorang designer (atau satu team designer) mengumpulkan ide-ide terlebih
dahulu selama beberapa waktu. Ide yang dimaksud adalah :
1. seperti apa game itu nantinya,
2. bisa dimainkan oleh berapa orang,
3. genrenya apa,
4. memakai sistem skor atau tidak,
5. karakterkarakternya (termasuk sketsa/gambarnya plus biodata juga),
6. aturan-aturan permainan (HP/MP/FP/LP/lainnya),
7. cerita dalam game (ini bisa saja menjadi novel jika diterbitkan sendiri :D ),
8. berapa level karakter,
9. perilaku karakter pada tiaptiap level,
10. equipment/peralatan karakter (pedang, pistol, palu, parang, panah, sekop, helm, pakaian/zirah, tato, bom, senjata mesin, bazoka, dsb.),
11. lingkungan tempat karakter beraksi (termasuk dunia, peta, jalan raya, bangunan, dsb.),
12. kendaraan (mobil, kereta, pesawat, kapal, papan luncur, sepeda motor, dsb.),
13. tipe akhir permainan (closedended atau openended),
14. engine yang akan digunakan,
15. sistem pencahayaan (HDRI atau tidak),
16. hukum ekonomi ( misalnya perbedaan kurs mata uang dalam game, contohnya ada di RF Online),
17. AI,
18. dan sebagainya.
Mewujudkan rancangan
2. bisa dimainkan oleh berapa orang,
3. genrenya apa,
4. memakai sistem skor atau tidak,
5. karakterkarakternya (termasuk sketsa/gambarnya plus biodata juga),
6. aturan-aturan permainan (HP/MP/FP/LP/lainnya),
7. cerita dalam game (ini bisa saja menjadi novel jika diterbitkan sendiri :D ),
8. berapa level karakter,
9. perilaku karakter pada tiaptiap level,
10. equipment/peralatan karakter (pedang, pistol, palu, parang, panah, sekop, helm, pakaian/zirah, tato, bom, senjata mesin, bazoka, dsb.),
11. lingkungan tempat karakter beraksi (termasuk dunia, peta, jalan raya, bangunan, dsb.),
12. kendaraan (mobil, kereta, pesawat, kapal, papan luncur, sepeda motor, dsb.),
13. tipe akhir permainan (closedended atau openended),
14. engine yang akan digunakan,
15. sistem pencahayaan (HDRI atau tidak),
16. hukum ekonomi ( misalnya perbedaan kurs mata uang dalam game, contohnya ada di RF Online),
17. AI,
18. dan sebagainya.
Mewujudkan rancangan
tahap mewujudkan rancangan
adalah kelanjutan dari perancangan suatu game. pada tahap inilah semua kru
bekerja. Seniman visual atau disebut juga artist (dalam hal ini bisa 2D atau
3D) memvisualisasikan karakterkarakter, lingkungan, item khusus dan bermacam
material/tekstur, atau juga poster. mereka juga bertugas membuatkan animasinya
(2D, 3D, bahkan animasi tekstur). perangkat lunak yang biasanya digunakan oleh
seorang artist seperti Blender, 3D Studio Max, Maya, Milkshape, Cinema4D, dkk.
untuk membuat model dan animasi 3D. Untuk 2D, mereka biasanya memakai
Photoshop, CorelDRAW, TextureMaker, dkk. dalam membuat karakter 2D dan
material/tekstur.
Pengisian suara pada game adalah kebutuhan tersendiri dari suatu game. Suara pada game bisa dalam bentuk SFX, dialog, atau musik. terdapat musik latar belakang (biasanya disebut backsound music/BGM), musik khusus (seperti di Guitar Heroes atau Ayodance), sound effects/SFX/efek suara, dan percakapan karakter di dalam game (perlu casting/seleksi pemilihan). dan masih banyak jenis suara-suara yang dapat diselingkan pada game.
SFX adalah suara yang dapat anda dengar seperti ketika anda mendengar suara-suara dari pedang, senjata/pistol, ledakan, kendaraan, air, dsb. SFX adalah efek suara yang direkam dari dunia aslinya dan dimasukkan ke dalam game. suara-suara dari benda-benda dalam game anda dengar sebetulnya adalah suara benda asli yang direkam kemudian dimasukkan ke dalam game. SFX juga dapat dihasilkan menggunakan perangkat lunak (semisal Audacity, LMMS, Wavosaur, atau FruityLoops).
BGM adalah musik yang mengiringi anda setiap kali memainkan Super Mario Bros,
Contra Force, RF Online, Ragnarok Online, Cabal Online, atau lainnya. musik ini
dimainkan sejak awal permainan sampai game over. suatu game biasanya memiliki
banyak BGM, sesuai suasana yang dialami karakter atau yang dibawakan oleh game.
dengan demikian maka akan menambah kernyataan (realita) game anda.
Programing adalah bagian tersendiri yang tidak ditentukan sebelum atau sesudah
tahap lainnya. ketika seniman/artist visual membuat model karakter, programer
mempunyai tugas menulis source code untuk physicnya dan dapat juga ditambahkan
pada akhir proses, seperti membuatkan cheat. jika desainnya mengharuskan
memakai engine sendiri, maka programer harus membangun engine dari nol. bisa
engine secara keseluruhan engine untuk fisika (physic), engine untuk suara 3D,
engine untuk AI, dsb. ada banyak source code yang harus ditulis oleh programer
selain engine. Seperti mengode GUInya, event, sistem pencahayaan, mode
multiplayer, jaringan/sistem online, mempersatukan artwork dari semua bagian
lain (visual+audio+konsep+dll.), dan lain-lain. programer adalah bagian yang
sangat sulit.
Game Designer
Apa itu designer game??
Designer game adalah orang yang bertugas untuk membuat alur cerita dalam sebuah game. Dengan itu, tentunya kita tidak akan cepat bosan ketika bermain game karena kita akan terbawa oleh alur cerita.
Secara singkat, tugas dari
seorang game designer adalah merumuskan mekanik yang cocok dan fun
dari ide game yang akan dibuat. Kemudian dia berkolaborasi dengan
anggota tim untuk mengimplementasikan ide dan mekanik tersebut menjadi sebuah game.
Bagian-bagian pada designer game:
1. Lead designer adalah orang yang bertanggung jawab atas semua kinerja team nya. Dia juga memastikan komunikasi tim berjalan dengan baik dan mengambil keputusan.
2. Game mechanic designer adalah orang yang mendesain dan menyeimbangkan mekanika alur cerita pada sebuah game.
3. Level designer or environment designer adalah orang yang bertanggung jawab dalam pembuatan misi game, level game, dan lingkungan sekitar pada game.
4. Writer adalah orang yang bekerja untuk memahami cerita dari permainan, dialog, komentar, dan cerita cuplikan game.
4. Writer adalah orang yang bekerja untuk memahami cerita dari permainan, dialog, komentar, dan cerita cuplikan game.
Itulah bagian-bagian dari designer. Biasanya para designer game kebanyakan mengambil cerita dari karya novel, film dan lain-lain yang diadaptasikan ke sebuah game, contoh: game wall-e
Jadi untuk para pemula yang
ingin membuat game tapi merasa tidak bisa menggambar atau merasa kalau
belajar pemrograman terlalu sulit, tidak perlu merasa putus asa. Kalau
punya ide yang fun dan ingin membuat game dari ide itu, coba tuangkan
ke kertas lalu rumuskan mekaniknya. Lalu ajak orang lain berkolaborasi untuk
mewujudkan ide game itu. Coba untuk memainkan berbagai macam
genre game, lalu lakukan analisa tentang mekanik dan elemen lain yang
membuat game itu menyenangkan untuk dimainkan. Itu bisa jadi latihan
untuk mengasah kemampuan sebagai seorang game designer.
sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar