Rabu, 21 September 2011

Tips Menghindari Copet


Tips Menghindari Copet


Seringnya saya berurusan dengan copet, saya ingin berbagi tips untuk menghindari kecopetan atau kehilangan barang krn copet di dalam kereta...
1. Yg pertama dan yg paling utama adalah simpan barang berharga anda di dalam tempat yg paling aman menurut anda. Bisa di tas atau di dalam bagian jaket. Saya sarankan semua barang berharga anda termasuk uang di kantong. Karena uang tersebut tetap menjadi sasaran pencopet. Ataupun kacamata dan tempatnya, saya pernah kehilangan ini karena saya taruh di bagian depan tas saya. Mungkin pencopet kira tempat kacamata itu adalah HP. Dan cukup sayang juga kacamata hilang.

Untuk di dalam tas, taruh di tempat yg paling dalam atau tempat paling tersembunyi.. Kalo ada buku, sebaiknya diselipkan diantara buku2 itu. Dan jangan lupa tasnya untuk ditutup dengan benar..

Untuk HP, anda bisa membuat kantung khusus di bagian dalam atas (terserah di kiri atau di kanan) celana untuk tempat menaruh HP. Cara ini sudah saya gunakan dan sukses untuk mengelabui pencopet (karena tidak mungkin merogoh2 dibagian ini).

2. Bila anda membawa tas (baik tas punggung atau slempang), taruh tas itu dibagian depan badan anda. Dan pastikan anda bisa mengawasi tas anda. Menurut pengalaman teman saya, meskipun sudah ditutup rapat dan digembok, kalau ditaruh di bagian belakang badan, kemungkinan besar dirobek dengan silet sangat besar. Sayang kalo barang hilang dan tas jg rusak krena robek. Bisa jg dibuka retsletingnya secara perlahan-lahan.Dan anda tidak akan sadar kalo tas anda sudah terbuka retsletingnya.(saya pernah mengalami hal ini.

3. Ambil posisi berdiri di bagian dalam kereta. Biasanya copet beroperasi di bagian pintu kereta api.

4. Berdiri di dekat ibu-ibu biasanya akan mengurangi risiko kehilangan. Ibu2 biasanya lebih reaktif daripada laki2.

5. Tingkatkan kewaspadaan pada saat naik dan turun. Copet sangat memanfaatkan betul keadaan chaos pada saat penumpang naik dan turun.

6. Deteksi lebih dini adanya copet di sekitar anda. Berikut adalah tips mendeteksi adanya kawanan copet di sekitar anda
a. Copet di dalam kereta biasanya bergerombol kira2 4-7 orang.
b. Pada saat suatu bagian kereta penuh secara parsial, sedangkan bagian lainnya kosong. Di sana pasti ada kawanan pencopet.
c. Tiba2 terjadi dorong mendorong yg tidak semestinya ada. Ini adalah trik standar para pencopet pada saat mengambil barang berharga anda.
d. Terjadi kerusuhan antar sesama penumpang, kemungkinan ini adalah intrik dari pencopet untuk mengalihkan perhatian.
e. Ada orng yg awalnya tidak ada di samping atau dibelakang anda. Orang ini biasanya adalah pencopet yg pindah dari gerbong lain di dalam kereta.
f. Ada orng menghimpit anda secara berlebihan. Jgn heran kalo orng yg menghimpit anda tangannya tidak melakukan apa2, karena yg melakukannya adalah orng yg disamping atau diblakang orng tsb.
g. Ketika anda tidak mendapat pandangan terhadap kantong atas baju anda krena tertutup tangan orang2, pada saat itulah copet melakukan aksinya pada kantong atas anda.
h. Copet terlihat sedikit aneh gelagatnya dibanding penumpang biasa, gelagat ini seperti terlalu banyak gerak, atau bahkan berpura2 terkantuk-kantuk.



7. Terakhir dan yang paling penting, selalu merasa waspada dan hati-hati. Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan bahwa anda sedang berada di posisi aman. Karena copet selalu mempunyai banyak akal.

Tidak ada komentar:

Know us

Contact us

Nama

Email *

Pesan *