Jumat, 01 Februari 2013

Aurora, Fenomena paling indah di bumi

Sering sekali kita mendengar tentang aurora dan gambar-gambar aurora yang sangat indah. Dan pasti nya kita sangat terkesan sekali dengan sesuatu yang namanya aurora. lah, oleh karena itu kami ingin menjelaskan kepada teman-teman semua mengenai Fenomena dan Proses Aurora yang indah itu.


    Aurora adalah sebuah fenomena proses alam yang mempunyai kemiripan dengan pancaran cahaya yang memiliki banyak warna. Kejadian ini terjadi terjadi pada lapisan atmosfer kita yang tepatnya berada pada lapisan Ionosfer. Hal ini terjadi akibat interaksi yang terjadi antara medan magnetik yang dimiliki sebuah planet dengan partikel yang dipancarkan oleh matahari ( Angin Matahari ). 

    Pada planet kita ini, aurora banyak terjadi di daerah sekitar kutub selatan dan Utara. Untuk yang terjadi di sebelah utara sering disebut dengan sebutan Aurora Borealis.Aurora Borealis ini sering terlihat dengan warna kemerah-merahan di ufuk utara dan terjadi antara oktober-maret dan Maret-April. Untuk aurora yang terjadi di daerah sekitar kutub selatan Sering disebut dengan Aurora Australis. Aurora Australis hampir sama sifat-sifatnya dengan Aurora Borealis. Tapi kadang-kadang muncul di puncak gunung di iklim tropis.

     Aurora terjadi akibat adanya atom-atom yang berbenturan dengan partikel-partikel , terutama Elektron dan Proton Yang berasal dari angin matahari. Partikel-partikel tersebut terlempar dengan kecepatan kurang lebih mencapai kecepatan 500 Mil/Detik dan terhisap di daerah kutub. Warna-warna yang dihasilkan disebabkan oleh benturan atom yang berbeda-beda. Misalnya benturan antara partikel Elektron dan molekul nitrogen menyebabkan timbulnya warna hijau. Benturan antara partikel Elektron dengan atom Oksigen menyebabkan terjadinya warna merah.

     Hal yang sangat penting terjadinya Aurora adalah Angin Matahari . Angin Matahari merupakan  suatu partikel yang keluar dari matahari yang menggerakkan sejumlah besar listrik di atmosfer ( Sabuk Van Allen ).  Partikel ini kan mempercepat ke atmosfer bagian atas yang kemudian akan bertabrakan dengan berbagai gas yang terdapat di kutub. Kejadian ini menimbulkan warna-warna bergerak yang disebut Aurora. Tekanan listrik mengeluarkan molekul gas menjadi keadaan energi yang lebih mengakibatkan lepasnya foton. Warna yang terjadi pada Aurora tergantung pada frekuensi tumpukan antara partikel-partikel dan gas-gas. Mekanisme ini dapat disamakan dengan yang terjadi pada pada lampu neon. Secara garis besar mekanisme seperti hal yang kami jelaskan diatas. 
 
Dan berikut beberapa foto-foto yang menggambarkan keindahan Aurora

foto-foto aurora

foto-foto aurora

foto-foto aurora

foto-foto aurora

foto-foto aurora

foto-foto aurora

foto-foto aurora

foto-foto aurora

foto-foto aurora
 
 
sumber:
http://www.7fairuz.com/2012/09/fenomena-dan-proses-terjadinya-aurora.html

1 komentar:

Anonim mengatakan...

wah, keren yah auroranya jadi pengen ngeliat sendiri

Know us

Contact us

Nama

Email *

Pesan *