Rabu, 23 Januari 2013




Chapter 1
Desain grafis sebagai sebuah mata kuliah
Desain grafis meliputi ide, konsep, teks dan gambar yang dihadirkan dalam  bentuk visual melalui media cetak, elektonik ataupun media lain. Desain grafis menentukan urutan dan susunan suatu bentuk yang memudahkan dan mendorong proses komunikasi. Sementara ada harapan kemungkinan bahwa pesan akan diterima dan dipahami oleh para pengguna yang dijadikan target. Desainer mencapai sasaran ini melalui manipulasi elemen yang diarahkan. Desain dapat diartikan dalam bentuk filosofi, estetika (keindahan), kesensitifan, emosi atau politik sebagai dasar.

Apa itu desain grafis?
Desain grafis adalah disiplin  seni visual kreatif yang mencakup banyak daerah. Hal ini seperti arah seni, tipografi, tata letak halaman, teknologi informasi dan aspek kreatif lainnya. Berbagai varietas ini mengartikan bahwa ada yang terfragmentasi lanskap untuk praktek desain di mana desainer menjadi spesialisasi dan fokus.

Evolusi desain grafis
Desain grafis dikembangkan dari sebuah percetakkan dan penerbitan industri, dengan istilah yang sama desain grafis pertama kali digunakan di tahun 1950-an. Pada waktu itu ada demarkasi yang jelas pada setiap masing-masing tahapan, namun dengan tahapan yang berbeda, hal tersebut dilakukan dengan profesional spesialis atau perdagangan dari produksi cetak sampai memproses. Tahapan-tahapan yang terlibat antara lain printer, scanner, reproduksi fotografi, desain grafis, typesetters, pembeli cetak, film, dan proofreader manajer produksi.

Sebagai kekuatan komunikasi visual warna-warni menjadi luas dihargai, desain grafis tumbuh dari kebutuhan untuk menyediakan komunikasi visual untuk dunia konsumen dan menyebar ke seluruh sektor ekonomi berbeda, sambil terus memanfaatkan kemajuan yang melahirkan perkembangan teknologi.

Perkembangan teknologi telah menempatkan desainer di jantung proses kreatif. Seringkali, seorang desainer grafis mengelola proses desain dan mengkoordinasikan pekerjaan yang dilakukan oleh disiplin kreatif lainnya sebagai bagian dari pekerjaan. Dengan demikian, lingkup tanggung jawab seorang desainer sekarang adalah termasuk membeli cetak, pemrograman website, fotografi, tata letak halaman, pemilihan bahan, arah seni, ilustrasi freehand, computergenerated ilustrasi (CGI), manajemen proyek, klien manajemen account, storyboard, editing dan pra-tekan produksi.





Monza 1948 Max Huber merancang
Poster untuk mengiklankan bermotor
balap di Monza, Italia pada
1948. Untuk menyajikan konsep motor balap ini mencakup berbagai elemen, seperti tipografi, citra dan warna,. Meskipun tidak ada mobil yang menangkap desain nya membayangkan,  esensi dari kecepatan dan persaingan melalui penggunaan panah berwarna dan siku jenis, berkurang.






Revolutions dalam foto adalah poster dibuat oleh 3 Desain Jauh yang memiliki kemiripan dengan yang berdekatan Monza poster, dibuat saat di usia pra-komputer, meskipun faktanya bahwa dibuat dengan menggunakan berbagai teknologi. dampak kedua fitur jenis dan gambar yang menceritakan pesan dan menciptakan visual dimana Teknologi dapat mengubah bagaimana desain yang diciptakan dan diproduksi, desain yang baik selalu melampaui ini melalui penerapan efektif prinsip-prinsip desain.







What is a graphic designer?
Berpikir akan sebuah desain grafis sebagai suatu perdagangan itu anakronistik dan terbatas.  Akan lebih berguna jika kita melihat pada pendekatan yang mendasar untuk merancang bahwa apa-apa saja yang dibutuhkan seoarang grafis desainer untuk memahami perannya dalam cetak dan proses produksi digital. Seorang desainer pada dasarnya memiliki dua peran dalam proses: memuaskan desain singkat dan melaksanakan pekerjaan.

Memenuhi tugas ringkas.
Tugas pertama yang harus dipenuhi seorang desainer grafis adalah untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dalam rangka untuk memenuhi desain singkat (lihat halaman 74). Hal ini mungkin melibatkan melakukan penelitian materi pelajaran untuk menghasilkan ide awal. Setiap proyek dimulai sebagai serangkaian sketsa , pikiran atau ide awal .

Seorang desainer grafis membawa keteraturan untuk konsep-konsep dan mengatur mereka dengan cara yang memberi mereka kecepatan dan makna. Pada dasarnya, seorang desainer menstruktur secara kreatif dan mengedit pekerjaan, dan membuat keputusan mengenai apa yang penting untuk berkomunikasi dan cara terbaik untuk menyampaikan pesan.

Melaksanakan perkerjaan.
Tugas berikutnya yang harus dilakuka seorang perancang adalah untuk melaksanakan pekerjaan. Desainer dapat bekerja dengan, dan memilih dari, berbagai sumber untuk desain akhir - apakah menggunakan sudut pandang filosofis, atau dari sudut pandang modernisme, atau mengandalkan pada estetika murni, seperti sebagai tren saat ini dalam desain huruf atau mode. Bagian yang berharga dari proses desain adalah hasil akhir, tampilan dan nuansa (kualitas estetika) dari proyek. Kontrol estetika itu lebih luas dari hanya memilih ukuran dan warna dalam proyek tersebut, tapi juga sebagai alat bantu berkomunikasi dan pemahaman. Pelaksanaan hirarki yang jelas dapat memperkaya dan menyederhanakan proyek dengan membuat lebih mudah bagi pengguna untuk mencari dan memperoleh informasi – baik pekerjaan itu adalah sebuah sistem  kompleks atau sederhana saja seperti menu restaurant.

Catatan Kaki
  • estetika
sebuah atau mengenai apresiasi keindahan atau selera yang baik.
  • Dekonstruksi:
Sebuah metode penyelidikan kritis yang meneliti bagaimana sebuah makna dibangun dengan menantang nilai-nilai yang ditentukan yang disajikan untuk kita. Misalnya, mengapa angka folio menjadi kecil dan di sudut halaman.


For Reading Out Loud
selebaran disamping ini adalah bagia dari For Reading Out Loud, sebuah koleksi puisi oleh Mayakovsky (1.893-1.930). selebaran ini  dirancang oleh seorang konstruktivis bernama El Lissitzky (1890-1941) dan dipublikasikan di Berlin pada tahun 1923. Peran grafik desainer dilibatkan dalam menafsirkan desain singkat dan menghasilkan sebuah desain dengan menggunakan keterampilan dengan batas-batas antara seniman, desainer, tipografer dan filsuf yang tidak terlalu jelas batasannya.



Mengkomunikasikan dan menyebarkan pesan.
Seorang desainer dapat mengatur teks dan gambar dengan cara dalam jumlah tak terbatas, namun tujuan utamanya adalah untuk berkomunikasi secara efektif daripada menghasilkan avant-garde yang bekerja untuk kepentingan hal itu sendiri. desain secara aktif mengembangkan, memelihara, juga mengembangkan konvensi, aksioma dan klise dalam rangka untuk menyampaikan pesan penting. Misalnya, mengapa halaman depan surat kabar mengandung 500 kata dan satu gambar besar, dan sebuah kata-kata besar yang menjadi topik utama? Karena format ini telah menjadi konvensi diterima oleh pembaca dan jika terjadi perubahan drastis maka bisa mencegah para pembeli membeli atau membaca koran.

Konvensi menyelamatkan desainer dari harus memulai dari awal dengan setiap pekerjaan. Namun, hal ini tidak mengatakan bahwa tidak ada ruang untuk inovasi. justru sebaliknya, inovasi cenderung terjadi dalam batas-batas konvensi didirikan. Desain konvensi adalah unsur yang berguna dan diperlukan oleh masyarakat. Misalnya, tanda-tanda jalan tol berfungsi sesuai dengan konvensi sebagai mereka berkomunikasi pesan yang dapat langsung diproses (atau dimengerti) oleh pengendara. Jika tanda-tanda tidak berkomunikasi secara efektif, akan terjadi lebih banyak kecelakaan lagi.


Di sisi lain, metode dekonstruksi penyelidikan kritis meneliti bagaimana makna dibangun dengan menantang nilai-nilai yang ditentukan disajikan kepada kita. Istilah 'Dekonstruksi' itu diciptakan oleh filsuf Perancis Jacques Derrida dalam tahun 1960-an untuk menggambarkan sudut pandang yang melihat bagaimana sebuah makna dibangun. Dengan menantang atau mendekonstruksi nilai-nilai yang diterima, arti dari nilai tersebut bisa disampaikan dalam cara yang berbeda. Misalnya, mengapa harus nomor folio menjadi kecil dan terletak di sudut halaman? Mengapa mereka tidak bisa menjadi besar dan di tengah dari halaman.




Struktur Group Dan Metode Bekerja
Seorang desainer bisa menyelesaikan pekerjaan yang beragam di lingkungan yang berbeda. Mereka bisa terjun ke dalam berbagai aktifitas dan bekerja bersama para profesional yang lain. Di bawah ini merupakan beberapa contoh lingkungan dimana para desainer bekerja.

Group Design
Tujuan utama dari rute desainer adalah untuk mendapatkan pendekatan dalam studio desain setelah menyelesaikan kuliah seni. Ketika kita memilih studio, penting untuk memperhatikan berbagai aspek seperti ukuran, area dan kreatifitas. Sehingga kita bisa menyesuaikan jenis desain sesuai kebutuhan klien.
Klien ingin mencari studio desain yang memiliki ukuran, pengalaman, dan reputasi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Di atas semua itu kreativitas, administrasi, manajemen alur pekerjaan juga dibut6uhkan untuk menghindari masalah-masalah.

Para desaigner harus memiliki perasaan untuk tipe perusahaan yang nyaman untuk mereka tempati. Beberapa merupakan kumpulan klien merk yang terkenal yang meliputi banyak kebutuhan atau projek, beberapa juga merupakan kumpulan klien kecil yang memiliki range pekerjaan yang sempit. Designer harus bisa memilih mana yang cocok untuk mereka.

Group Design Lokal, Nasional, dan Internasional
Design group dominan memiliki kepentingan terhadap jumlah pekerja yang dimilikinya. Agen kecil di provinsi biasanya memiliki list klien yang sangat berbeda dan menangani aktivitas design yang berbeda daripada group design internasional. Kedua tipe agen tersebut memiliki kelebihan dan batasannya. Group design lokal bisa menangani servis terfokus yang sesuai dengan trend. Namun demikian, group design seperti itu mungkin tidak mampu untuk menangani permasalahan internasional. Begitu juga dengan tipe group design lain.
Beberapa group design memiliki kantor di beberapa negara untuk menangani klien internasional, namun masih bertarget dan berfokus di lokasinya masing-masing. Sebagai contoh, research studios yang ditemukan oleh Neville Brody dan FWA Richards pada 1994, memiliki kantor di Paris, London, dan Berlin. Para designer dicabangnya memiliki pengetahuan lokal di daerahnya masing-masing.

Ukuran Kantor dan Hubungan Kerja
Sebuah kantor memiliki hubungan yang kompleks antara staff dan manajemennya. Ada perbedaan level dalam kontrol, otoritas, kebebasan, dan formalitasnya. Agen-agen yang besar bisa menyediakan range projek yang besar. Tetapi karena mereka mempekerjakan banyak orang, seorang designer mungkin hanya bisa berpartisipasi dalam aktivitas yang terbatas. Namun demikian agen design besar biasanya memiliki kapabilitas pekerjaan yang beragam.
Bekerja di studio kecil bisa menyediakan designer kesempatan yang lebih besar untuk bekerja dengan pimpinan designer atau partner. Namun demikian, karena ukuran agen yang kecil range pekerjaan yang bisa dilakukannya pun terbatas. Penting untuk menyesuaikan aspirasi dengan tipe organisasi yang dapat memenuhi kebutuhan guna mendapatkan kepuasan bekerja.

Hirarki
Agen design memiliki struktur yang berbeda dalam hirarki formal dan non formal tergantung dari pemilik atau manajernya. Suatu Agen terkadang memilih struktur berbasis team yang memiliki penulis, designer, dan programmer. Namun agen lain kadang memilih struktur lain.

Account Handlers dan Manager Projek
Account Handlers  memiliki hubungan langsung dengan klien dan designer. Account handlers menerima dan membantu untuk menentukan brieffing design, perjanjian dengan klien,dll.
Manajer Projek bekerja dengan klien dan team design untuk memastikan kemajuan project dan kondisi keuangan, jadwal, dan briefing. Di samping itu manager project membantu dalam sumber copy gambar dan mengorganisir foto.



Cara Kerja
Banyak designer lebih memilih kebebasan dan tanggung jawab pekerjaan di organisasi kecil baik sebagai freelance, penukar, atau bagian dari hubungan kerjasama, yang membuat mereka bisa menspesialisasikan diri dalam solusi design tertentu. Bekerja dalam entitas kecil biasanya membuat designer bisa memiliki kebebasan kreativitas yang besar.

Freelancer
Seorang freelancer adalah pekerja bebas yang dipekerjakan secara per-project oleh agen atau perusahaan. Pada jaman pertengahan, freelancer dikenal sebagai “Tombak Sewaan”. Dalam design grafik, seorang freelancer memiliki kemampuan spesifik yang dibutuhkan dalam sebuah pekerjaan.

Sole Trader
Sole Traders lebih membuat pekerjaan mereka sendiri daripada bekerja dalam ad-hoc atau basis informal untuk agen design lain. Beberapa designer melakukan ini dan menyewakan meja mereka untuk dibagikan kepada designer lain dalam rangka kerjasama. Seringkali, sole trader akan menganggap freelancer sebagai tambahan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Hubungan Kerja dan Kolektif
Seorang sole trader bisa saja melakukan hubungan kerja atau kolektif dengan individu yang memiliki kemampuan yang berbeda. Ini adalah kolektif tipikal yang membuat keuntungan dari tukar menukar kemampuan dan bakat.
Pekerja dengan orang lain membutuhkan kepercayaan dan daya saling mengerti yang tinggi diantara member group. Untuk perlindungan semua anggota, entitas tersebut sebaiknya dicanangkan dalam basis legal untuk mengindikasikan siapa yang memiliki kewajiban dan bagaimana masalah keuangan, hutang, keuntungan, dan kepemilikan ditentukan. 


Desain Grafis saat ini
Desain grafis telah berkembang dan beradaptasi untuk mengubah teknologi baru dalam komunikasi. Ini mengajukan beberapa pertanyaan: dimana proses evolusi desain grafis saat ini? Desain grafis apa yang beredar saat ini? Apa yang didapat oleh grafis desain?

Teks dan gambar
Teks dan gambar adalah yang utama dari desain grafis dan merupakan susunan dari halaman, layar atau dalam membangun lingkungan adalah salah satu cara menyambung komunikasi manusia dalam dunia modern. Banyak klub atau grup bersaing dan tertarik. Desain harus bekerja keras dan berbeda dalam komunikasi yang efektif. Perbedaannya, elemen-elemen pada desain harus lengkap agar lebih dikenal dalam komunikasi keseluruhan.

Penceritaan cerita
Desainer-desainer modern bercerita seperti membuat arti dunia melalui susunan dan presentasi teks dan gambar. Cerita yang berkembang adalah satu dari persoalan yang menyebutkan seluruhnya buku ini dan salah satu dari keperluan elemen-elemen agar desainer dapat mempengaruhi publik. Gagasan sebuah cerita adalah menggunakan teks dan gambar untuk membuat sebuah arti, yang mana dapat diterima oleh banyak cara melalui penggunaan symbol-simbol, kiasan, dan lain-lain.

Pertanyaan untuk membangun cerita :
  • Apa:  Apa yang kamu coba ucapkan?
Menampilkan performa finansial perusahaan
  • Kenapa : mengapa pesan anda unik?
Menjelaskan cara membuat informasi dapat di akses dan menarik
  • Siapa : Untuk siapa pesan tersebut?
Untuk pemegang saham, manajer, pelanggan, staff, dan lain-lain.
  • Bagaimana : Bagaimana anda melakukannya?
Melalui pendekatan, membandingkan gambar-gambar metafora
  • Kapan : Kapan akan tercapainya?
Pada tahun 2007, laporan finansial 2006 (setahun sebelumnya).



Buku Laporan tahunan




Laporan tahunan ini ditelusuri oleh orang Australia, firm Buro X memberi contoh satu dari tantangan utama yang ada pada desain grafis modern: yaitu, membuat suatu hal yang sulit dimengerti menjadi dapat dimengerti, dan yang tidak tertarik menjadi menarik. Desain pada laporan ini asli, jujur dan menarik dalam kedengkian merupakan hal persoalan besar. Sebagian mengetahui bahwa produksi batu tidak diminati, walaupun seandainya itu bisnis yang menguntungkan. Desain menggunakan jabatan fotografi dan pendekatan, perbedaan gambar juga relevan pada perusahaan dan di dalamnya adalah staf anggota

disusun oleh  :
Amanda Ellysse P (50410594) 
Deby Indah L (51410730)
Rakhmi Khalida (55410602)
Reza Pahlevi (53410153 )
Soni Sebastian (56410644)





Jumat, 11 Januari 2013



Optimus 4X HD (lg)
Barcelona - Pameran ponsel terbesar dunia Mobile World Congress (MWC) 2012 di Barcelona menghadirkan beragam smartphone baru dengan teknologi paling mutakhir. Berikut beberapa smartphone yang dinilai paling memukau, seperti dikutip detikINET dari TechRadar, Rabu (29/2/2012). Susunan ponsel diurutkan menurut abjad:

1. Asus Padfone


Asus Padfone diumumkan sudah cukup lama, namun baru akan dipasarkan April 2012 ini. Yang memukau, Padfone bisa dimasukkan ke dalam tablet yang punya slot untuk menampungnya. Kemudian, tablet akan berfungsi sama seperti smartphone tersebut. Spesifikasi Padfone terhitung lumayan seperti OS Android 4.0, layar Super Amoled qHD dan prosesor dual core Snapdragon S4

2. HTC One X


HTC One X memiliki spesifikasi buas, terutama prosesor 1,5GHz quad core Nvidia Tegra 3. Desainnya juga elegan dan sudah memakai Android terkini atau Ice Cream Sandwich. Spesifikasi lainnya seperti layar HD IPS, storage internal 32GB dan kamera 8MP.

3. Huawei Ascend D Quad


Huawei Ascend D jadi smartphone pertama Huawei dengan prosesor quad core buatan sendiri. Prosesor 1,2GHz K3V2 diklaim membuat Ascend D Quad memiliki performa tercepat dibanding Android dengan teknologi sejenis. Handset ini juga memiliki layar 4,5 inch HD yang cemerlang.

4. LG Optimus 4X HD


Kehadiran Optimus 4X HD meramaikan perang ponsel quad core di MWC 2012. Ya, handset andalan baru dari LG ini ditenagai oleh prosesor quad core 1,5GHz tegra 3 yang menjanjikan performa ngebut, masih ditambah grafis GeForce.

5. LG Optimus Vu

LG Optimus Vu hadir untuk menyaingi Samsung Galaxy Note dan tampaknya akan memberikan perlawanan berarti. Layar 5 inch di ponsel ini sudah beresolusi HD. Spesifikasi lainnya seperti prosesor dual core Snapdragon dan kamera 8MP.

6. Nokia 808 PureView

Nokia menyita perhatian besar di MWC 2012 dengan 808 Pureview, sebuah ponsel dengan kamera resolusi 41MP. Gambar yang dihasilkannya memang memukau. Akan tetapi spesifikasi lainnya terhitung biasa saja untuk ukuran smartphone masa kini.

7. Orange Santa Clara
Smartphone ini cukup menyita perhatian terutama karena ditenagai prosesor Intel Medfield 1,6GHz. Ya, kedatangan handset ini menunjukkan keseriusan Intel membuat prosesor mobile yang selama ini didominasi oleh ARM.

8. Panasonic Eluga
Panasonic Eluga menandai kedatangan Panasonic ke pasar ponsel di Eropa. Handset ini cukup menonjol, terutama karena tahan air dan bodinya sangat tipis

9. Samsung Galaxy Beam

Galaxy Beam bukan hanya berfungsi sebagai smartphone, tetapi juga proyektor. Ya, di dalam bodinya yang cukup mungil, Samsung menambahkan fitur proyektor di bagian atas bodi ponsel. Katanya, kualitas gambar yang dihasilkan via proyektor ini cemerlang.

10. Sony Xperia P

Xperia P adalah salah satu smartphone high end terbaru Sony yang dikeluarkan setelah mereka berpisah dengan Ericsson. Bodinya berkelas dengan balutan alumunium. Spesifikasinya seperti prosesor dual core 1GHz dan layar resolusi 540x960.

sumber: http://inet.detik.com/read/2012/02/29/150809/1854633/317/10-smartphone-terbaik-di-pesta-ponsel-dunia

Kamis, 10 Januari 2013



1.Pengertian Normalisasi
            Normalisasi merupakan proses pengelompokan data elemen menjadi table-tabel yang menunjukkan entitas dan relasinya.
Anomali adalah proses pada basis data yang memberikan efek samping yang tidak diharap- kan (misalnya ketidakkonsistenan data karena adanya redudansi).
Ada 3 macam anomali pada suatu database:
  1. Anomali penyisipan data (insert)
  2. Anomali pengubahan data (update)
  3. Anomali penghapusan data (delete)
            Bila ada anomali maka relasi mungkin perlu dipecah menjadi beberapa tabel lagi agar diperoleh database yang optimal.
      Depedensi (Ketergantungan).
Depedensi merupakan konsep yang menda-sari  normalisasi. Depedensi menjelaskan nilai suatu atribut yang menentukan nilai atribut lainnya.
Jenis depedensi antara lain:
    1. Depedensi Fungsional
Suatu atribut Y mempunyai depe-densi fungsional terhadap atribut X jika dan hanya jika setiap nilai nilai X berhubungan dengan sebuah nilai Y.
    X → Y
    1. Depedensi Transitif
Atribut Z mempunyai depedensi transitif terhadap X bila:
      • Y memiliki depedensi fungsional terhadap X
      • Z memiliki depedensi fungsional terhadap Y
2.Tujuan dari Normalisasi
Ø  Untuk menghilangkan kerangkapan data
Ø  Untuk mengurangi kompleksitas
Ø  Untuk mempermudah pemodifikasian data
3.Bentuk tidak normal (unnormalized Form)
            Bentuk ini merupakan kumpulan data yang direkam, tidak ada keharusan mengikuti suatu format tertentu, bisa tidak lengkap atau terduplikasi. Data dikumpulkan apa adanya sesuai dengan kedatangannya. 
contoh :
Seorang pegawai memiliki : nomor_pegawai, nama_pegawai, nomor_klien, nama_klien, alamat_klien, keperluan_klien
Satu orang pegawai mungkin akan melayani lebih dari 1 orang klien.

no_pegawai                nama_pegawai                       no_klien          nama_klien
P27                              Amir Udinsah                                     K01                 Rini Suwandi
K02                 Edi Damhudi
K04                 Fatwa Sari
P28                              Kartika Amelia                        K03                 Robert Irwandi
K07                 Veronica Suci
P29                              Barkah                                     K05                 Gabriela Febrianti
P30                              Mahendra                                K06                 Siti Amiarti
K08                 Sandi Sunardi

4.Bentuk – bentuk normalisasi antara lain :

1. Bentuk normal pertama (1NF)
  • Setiap data disajikan dalam bentuk flat file (tabular/tabel)
  • Seluruh atribut kunci terdefinisikan
  • Tidak ada pengulangan group pada tabel•Semua atribut bergantung pada kunci primer (PK)
Contoh :
no_pegawai                nama_pegawai                       no_klien          nama_klien
P27                              Amir Udinsah                                     K01                 Rini Suwandi
P27                              Amir Udinsah                                     K02                 Edi Damhudi
P27                              Amir Udinsah                                     K04                 Fatwa Sari
P28                              Kartika Amelia                        K03                 Robert Irwandi
P28                              Kartika Amelia                        K07                 Veronica Suci
P29                              Barkah                                     K05                 Gabriela Febrianti
P30                              Mahendra                                K06                 Siti Amiarti
P30                              Mahendra                                K08                 Sandi Sunardi

2. Bentuk normal kedua (2NF)
Sebuah tabel/relasi berada dalam bentuk normal kedua jika:
·         Sudah berada dalam bentuk pertama dan
·         Semua atribut bukan kunci memiliki depedensi sepenuhnya terhadap kunci primer (PK)
(Namun masih memungkinkan tabel dalam 2NF menunjukkan adanya depedensi transitif; artinya ada satu atau beberapa atribut yang masih bergantung pada atribut bukan kunci)
Contoh :
no_pegawai                nama_pegawai                      
P27                              Amir Udinsah                                    
P28                              Kartika Amelia                       
P29                              Barkah                                    
P30                              Mahendra                               

no_klien          nama_klien
K01                 Rini Suwandi
K02                 Edi Damhudi
K03                 Robert Irwandi
K04                 Fatwa Sari
K05                 Gabriela Febrianti
K06                 Siti Amiarti
K07                 Veronica Suci
K08                 Sandi Sunardi

3. Bentuk normal ketiga (3NF)
Sebuah tabel/relasi berada dalam bentuk normal ketiga jika:
·         Sudah berada dalam bentuk kedua dan
·         Tidak mengandung depedensi transitif
Contoh :
no_pegawai                no_klien
P27                              K01
P27                              K02                
P27                              K04
P28                              K03    
P28                              K07                
P29                              K05                
P30                              K06                
P30                              K08    

4. Bentuk BCNF (Boyce-Codd Normal Form)
BCNF adalah kasus khusus 3NF. Sebuah tabel/relasi berada dalam bentuk BCNF jika:
·         Setiap penentu (determinan) pada tabel adalah sebuah kunci kandidat (candidate key)
·         Jika tabel hanya mengandung satu kunci kandidat  maka bentuk 3NF sama dengan BCNF.

















Know us

Contact us

Nama

Email *

Pesan *