Minggu, 09 Oktober 2011

Sejarah Dan Perkembangan Virus Komputer

Sejarah dan Perkembangan Virus Komputer

Sebenarnya, virus komputer pertama kali muncul bersamaan dengan terciptanya teknologi komputer. Salah seorang pencipta komputer, yaitu John von Newman yang menciptakan Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC), pada tahun 1949 telah memaparkan makalahnya yang berjudul “Theory and Organization of Complicated Automata”. Dalam makalah tersebut memuat bahasan tentang kemungkinan software yang itudapat menyebar dengan sendirinya.

Perkembangan virus komputer selanjutnya terjadi pada sekitar tahun 1960-an di AT&T Bell Laboratory (salah satu laboratorium komputer terbesar di dunia yang menghasilkan produk, seperti bahasa C dan C++). Di laboratorium tersebut, pada waktu-waktu istirahatnya, para peneliti membuat software permainan yang dapat memusnahkan kemampuan membetulkan dirinya dan melakukan serangan balik terhadap kedudukan lawan. Perang software ini dikenal sebagai Core War, yaitu pemenangnya adalah pemilik software yang memilki sisa terbanyak dalam selang waktu tertentu. Karena menyadari bahay yang timbul terhadap software tersebut, terutama bila bocor keluar laboratorium, maka setiap selesai permainan software tersebut lalu dimusnahkan. Selain itu software permainan tersebut dapat memperbanyak dirinya secara otomatis.

Pada sekitar tahun 1970-an, Xerox memperkenalkan sebuah software yang memiliki struktur menyerupai virus. Tetapi, sebenarnya software tersebut dimaksudkan untuk membantu kelancaran kerja. Software tersebut dibuat untuk memanfaatkan waktu semaksimal mungkin, sehingga dua tugas dapat dilakukan secara bersamaan.

Tahun 1980-an merupakan awal perang virus didunia terbuka. Saat itu Fred Cohen seorang peneliti dan assisten profesor di Universitas Cicinai, Ohio memaparkan dan mendemonstrasikan sebuah software ciptaanya, yaitu suatu virus yang dapat menyebar secara cepat pada sejumlah komputer. Semenjak saat itu, semakin banyak bermunculan virus-virus baru dengan segala jenis variasinya.

Sementara di luar virus terus berkembang, pengguna di Indonesia juga terkena wabah virus. Pada tahun 1998, virus komputer pertama di Indonesia telah menyebar di Indonesia. Virus tersebut adalah ©Brain yang lebih dikenal dengan nama virus Pakistan. Kehadiran virus tersebut telah menggemparkan banyak pengguna komputer di Indonesia. Dan semenjak saat itu, maka virus komputer dianggap sebagai sebuah ancaman besar dan telah menimbulkan rasa ketakutan bagi banyak pengguna komputer, khususnya di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Know us

Contact us

Nama

Email *

Pesan *