Jumat, 14 Oktober 2011

Tugas Softskill 2

JARINGAN KOMPUTER

Tahun 1940-an, konsep jaringan (network) muncul pertama kali komputer di Amerika Serikat sebagai proyek pengembangan komputer MODEL I di Laboratorium Bell dan Group Riset Harvard University yang dipimpin oleh Prof H.Aiken. awalnya proyek tersebut dimaksudkan untuk memanfaatkan sebuah pernagkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberrapa proses tanpa harus banyak membuang waktu, dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer sebagai sebuah antrian.

Tahun 1950-an, berkembang konsep distribusi proses pada super komputer. Konsep ini didasarkan pada waktu dan kemudian dikenal dengan istilah Time Sharing System. Konsep ini muncul karena super komputer harus melayani banyak terminal yang terhubung dengannya. Hal ini merupakan awal aplikasi dan terbentuknya jaringan komputer. Pada Time Sharing System beberapa terminal dihubungkan secara sawri ke sebuah pusat komputer/host. Time Sharing System merupakan awal berpadunya teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang sebelumnya berkembang secara terpisah.

Tahun 1970-an awal, para pemakai/perusahaan merasakan adanya beban pekerjaan yang semakin banyak. Pada sisi lain, harga perangkat komputer besar sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses terdistribusi. Dalam proses terdistribusi, beberapa pusat komputer (host) mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani banyak terminal yang terhubung secara seri di setiap pusat komputer. Proses terdistribusi memerlukan perpaduan teknologi komputer dan telekomunikasi, karena proses harus didistribusikan dan semua pusat komputer harus melayani terminal-terminalnya dalam sebuah perintah dari komputer pusat.

Tahun 1980-an awal, harga komputer kecil semakin menurun dan konsep proses terdistribusi sudah matang. Hal ini semakin mendorong beragamnya penggunaan komputer dan jaringannya, mulai dari menangani proses bersama maupun komunikasi data/informasi di antara komputer yang kemudian dikenal dengan istilah Peer to Peer System. Peer to Peer System memungkinkan untuk menangani proses bersama maupun komunikasi data/informasi tanpa melalui komputer pusat. Kondisi ini mendorong munculnya teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan Local Area Network/LAN. Dan ketika internet muncul, maka sebagian besar LAN yang semula berdiri sendiri mulai dihubungkan sehingga membentuk jaringan global yang disebut Wide Area Network/WAN.

Jaringan komputer merupakan interkoneksi sejumlah komputer dan peralatan/peripheral lainnya yang dihubungkan dengan jalur transmisi dan alat komunikasi membentuk satu sistem sehingga dapat saling bertukar data, informasi, atau menggunakan peralatan secara bersama/sharing untuk melaksanakan tugas pengolahan data. Dalam melakukan sharing, perlu dibedakan antara komputer sumber (source) dan komputer tujuan (destination). Komputer sumber merupakan komputer yang memiliki sumber daya yang akan diakses oleh komputer lainnya, sedangkan komputer tujuan merupakan komputer yang akan mengakses sumber daya.

Macam Jaringan Komputer

Berdasarkan luasnya jangkauan, jaringan komunikasi data dapat dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu:

1. Workgroup, yaitu jaringan yang menghubungkan beberapa komputer dalam jumlah sedikit dalam sebuah ruangan.

2. Local Area Network (LAN), yaitu suatu jaringan komunikasi data yang luas jangkauannya meliputi suatu area lokal tertentu. Misal jaringan komunikasi data di suatu gedung.

3. Metropolitan Area Network (MAN), yaitu suatu jaringan komunikasi data yang luas jangkaunnya meliputi area dalam satu kota. Misal jaringan komunikasi data di kota Jakarta.

4. Wide Area Network (WAN), yaitu suatu jaringan komunikasi data yang luas jangkauannya meliputi antar kota atau antar negara. Misal jaringan komunikasi data pada Internet.

Model Jaringan Komputer

Model jaringan komputer dapat dibedakan menjadi dua yaitu:

1. Model peer to peer

Peer dapat diartikan sebagai rakan kerja. Peer to peer adalah jaringan komputer yang terdiri atas beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan dilengkapi 1 atau 2 printer). Model jaringan ini mengutamakan pada aspek penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama. Dalam model peer to peer. Setiap host memberikan layanan ke peer lain atau mengambil layanan dari peer lain. Model ini cocok digunakan untuk jaringan sekala kecil. Windows for Workgroup merupakan contoh jaringan yang menggunakan model ini.

2. Model Client/Server

Model ini memisahkan secara jelas antara server dan client. Server meberikan layanan jaringan dan client menerima layanan. Beberapa komputer di-setup sebagai server yang memberikan sumberdaya yang tersedia di dalam jaringan, misal printer, modem, saluran, dll kepada komputer lain yang terkoneksi ke jaringan yang berfungsi sebagai client. Server dan client dapat berkomunikasi dengan menggunakan aplikasi jaringan yang disebut server program pada server dan client program pada client.

Instalasi Jaringan pada Komputer

Bentuk jaringan komputer yang paling sederhana adalah hubungan antara dua komputer. Unsur yang ada di dalam jaringan ini ada 3 macam, yaitu:

· Node (komputer pengirim dan penerima)

· Link

· Protocol Engine

Node adalah titik yang dapat menerima input data ke dalam jarngan atau menghasilkan output informasi, atau kedua-duanya, misal printer atau alat pencetak lainnya, PC, komputer mikro sampai mainframe, modem, multiplexer, dll. Jika node berupa komputer, maka komputer yang satu berfungsi sebagai pengirim informasi dan yang lainnya sebagai penerima informasi.

Link adalah channel atau jalur transmisi yang menghubungkan dua komputer/node atau carrier untuk arus data/informasi diantara node, misal kabel, microwave, satelit, laser, dll.

Protocol engine adalah bagian yang mengatur bagaimana dua node atau komputer dapat saling berkomunikasi melalui link. Protocol engine terdiri atas:

v Satu kartu penghubung jaringan (Network Interface Card)

v Perangkat lunak yang mengatur prosedur komunikasi

Protocol engine harus terpasang pada kedua node/komputer yang berkomunikasi.

sumber: Buku Pengantar Teknologi Informasi karangan Edhy Sutanta

wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Know us

Contact us

Nama

Email *

Pesan *