Minggu, 22 April 2012

Membuat Website Dengan Menggunakan Joomla


Pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat sebuah website yang saya buat dalam rangka memenuhi tugas softskill Pengantar Web Science yang kedua yaitu membuat website. Dalam pembuatan website ini saya menggunakan software joomla versi 1.5, karena menurut saya membangun sebuah website dengan menggunakan Joomla lebih mudah dan menarik karena tampilannya yang sepintas mirip blog sehingga mempermudah saya dalam menyusun serta merancang website yang saya buat.

Langkah-langkah instalasi joomla:
Setelah saya menginstall XAMPP sebagai localhostnya (disini saya menggunakan webserver XAMPP), saya melakukan instalasi joomla versi 1.5 caranya ialah dengan menaruh folder installan joomla yang berbentuk .zip ke dalam directori xampp-htdocs-softskill, setelah itu saya melakukan proses instalasinya dengan masuk ke dalam web browser (di sini saya menggunakan mozilla firefox) lalu dengan menuliskan localhost/softskill/installation pada address bar, setelah itu kita ikuti petunjuk instalasinya dari step 1 sampai 7.

Membuat database:
Salah satu hal yang paling penting ketika kita membuat suatu website yaitu membuat database yang berfungsi sebagai media penyimpanan dari isi serta konten-konten yang kita buat dalam website kita, dan sangat penting ketika kita ingin menghostingkan website kita. Di sini saya menggunakan phpmyadmin sebagai database, caranya ialah dengan menuliskan localhost/phpmyadmin pada web browser, setelah itu kita buat databasenya, pada proses instalasi sebelumnya proses pembuatan database ini akan muncul pada saat kita menginstall joomla.




Membuat menu serta artikel pada website yang kita buat:
Di sini saya memberi nama website saya “Catatan Reza Pahlevi”, karena saya ingin membagi berbagai tulisan serta artikel yang saya buat kepada orang-orang melalui website yang saya buat. Di bawah ini adalah tampilan control panel (administrator) pada website saya, di dalam joomla ketika kita mengedit website yang kita buat seperti mengubah template website, mengisi artikel, menambahkan berbagai atribut lain kita harus masuk terlebih dahulu sebagai admin dan mengeditnya melalui control panel, seperti gambar di bawah ini halaman administrator pada website saya.


Pada joomla ketika kita ingin membuat suatu menu kita mengeditnya dengan cara masuk ke dalam menu lalu memilih dimana kita akan membuat menu untuk website kita, caranya ialah dengan memilih New jika kita ingin membuat menu baru, di sini saya menggunakan Main Menu, Top Menu, User Menu, Situs Saya, Examples Pages, Key Concepts dan Universitas Gunadarma. Pada bagian Main Menu saya membuat lagi beberapa section dari main menu diantaranya ada Home, Pengetahuan, Seputar TI, Sepakbola, FC Internazionale Milano, Islami, Link Joomla serta Hubungi Saya. Pada bagian section inilah saya membuat artikel berdasarkan kategorinya masing-masing.

Pada joomla ketika kita ingin membuat suatu artikel kita harus membuat section dan kategorinya, oleh karena itu sebelumnya saya membuat section pada bagian menu serta beberapa categorinya, misal pada section Seputar TI saya membuat beberapa categori seperti Internet, Jaringan Komputer dan Tips. Lalu setelah itu saya membuat artikel berdasarkan section dan categorinya yang sudah saya tentukan sebelumnya.
Tampilan Menu Manager , di sini tempat dibuatnya berbagai Menu pada website yang kita buat
 
Tampilan Menu Item Manager, di sini tempat dibuatnya berbagai Section dan Categori untuk menulis artikel pada website kita
 
Mengatur template yang akan digunakan pada website:
Pada joomla hampir sama seperti pada blog, kita bisa mengatur sendiri template yang akan kita gunakan pada website kita bisa mendownload pada situs yang menyediakan template joomla ataupun kita bisa membuatnya sendiri. Di sini saya menggunakan salah satu template yang disediakan situs penyedia template joomla, setelah filenya kita download kita bisa mengaturnya dengan memilih menu extension-install/uninstall, langkah pertama kita menginstall file templatenya ke dalam joomla setelah itu msuk ke dalam menu template manager dan mengganti template default dari situs joomla dengan template yang sudah kita download sebelumnya.
Tampilan awal (home) dari website yang saya buat terdapat berbagai Menu dan Section yang saya buat serta template yang saya ubah

Menambahkan ekstensi dan komponen lain pada website kita
Untuk mempercantik website yang kita buat, jjomla telah mengaturnya dalam suatu paket yang bernama ekstensi, atau pada blog disebut gadget. Joomla telah menyediakan berbagai macam ekstensi-ekstensi yang bisa kita download. Untuk mengatur ekstensi ini muncul di website kita caranya ialah setelah kita mengupload filenya pada control panel administration kita bisa mengaturnya pada bagian extension kita pilih modul manager lalu kita pilih tanda centag dan publish pada ekstensi yang akan kita tanpilkan pada website yang kita buat, pada website saya, saya menambahkan beberapa ekstensi yaitu google translator, jam biner, serta jcomment yang berfungsi agar pengunjung website kita dapat menambahkan komentar pada artikel yang saya buat. Tampilannya seperti di bawah ini:  


Tampilan ketika kita ingin memosting artikel pada website:


Tidak ada komentar:

Know us

Contact us

Nama

Email *

Pesan *