Senin, 08 November 2010

TUGAS ISD "PERANAN KELUARGA DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN DIRI SESEORANG"

Reza Pahlevi

1 IA 17

55410811

Tugas ISD “ Peranan Keluarga dalam Membentuk Kepribadian”

Peranan keluarga dalam membentuk kepribadian bagi saya pribadi sangat berpengaruh pada saya, sebab keluarga merupakan struktur yang paling kecil dalam organisasi yang membentuk kepribadian seseorang. Sedikit saya akan menceritakan pengalam di dalam keluarga saya yang membentuk kepribadian saya.

Di dalam keluarga, saya pertama kali dikenalkan dengan berbagai hal dimulai sejak saya dilahirkan, pertama kali saya diajarkan dari hal yang paling sederhana sekali cara berbicara, berjalan, makan, minum, dsb hingga akhirnya saya mengenal dunia luar, dan yang paling penting juga adalah pertama kali saya diajrkan cara berinteraksi dengan dunia luar, bagaimana kita berbagi dengan temn, bermain, belajar dari cara membaca sampai menghitung angka, dll. Pengalaman yang paling mengesankan adalah ketika saya dan keluarga pindah dari Bekasi, kota kelahiran saya, menuju ke salah satu kota di Jawa Tengah yaitu Pemalang, dikarenakan saat itu terjadi peristiwa besar di Indonesia yaitu Tragedi Mei 1998 yang mengakibatkan runtuhnya rezim Soeharto. Awal-awal kehidupan di Pemalang, saya merasa sangat kesulitan beradaptasi karena kebiasaan yang berbeda, tetapi kembali peran keluarga sangat besar disini, Ayah saya yang kebetulan orang Pemalang asli mengajarkan cara berinteraksi dengan baik disana sehingga lambat laun pun saya saya mulai terbiasa dengan kehidupan disana, sejak saat itulah saya merasa bahwa kepribadian saya mulai terbentuk karena kita juga terbiasa berinteraksi dengan dunia luar yang juga mempengaruhi kepribadian kita, tergantung kita memilih yang baik ataupun yang buruk. Kesimpulan saya, memang benar peranan keluarga sangat membantu kepribadian kita, karena ketika pertama kali kita dilahirkan, lingkungan yang pertama kali berinteraksi dengan kita, ialah keluarga kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Know us

Contact us

Nama

Email *

Pesan *