Jumat, 06 Mei 2011

Teknik Aman Penyimpanan Data

Teknik Aman Penyimpanan Data


Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tulisan mengenai teknik aman penyimpanan data. Mengapa teknik aman penyimpanan data? Mungkin bagi sebagian orang hali ini merupakan hal yang sepele dan sangat elementer tinggal menginstall software antivirus, antispyware dan macamnya. Tetapi perlu kita ketahui bahwa virus tersebut berbagai macam dan jenisnya sehingga seringkali ketika kita melakukan scanning masih banyak virus yang tidak terdeteksi oleh antivirus tersebut dan kebobolanlah data kita. Tentu hal itu sangat menjengkelkan bagi kita karena efek yang ditimbulkan dari virus itupun banyak macamnya, ada yang sampai menghapus file, membentuk shortcut, ada yang tidak bisa dihapus dan masih banyak lagi.

Saya akan berbagi suatu cara untuk mengamankan data dengan menggunakan unicode. Unicode sendiri adalah salah satu bentuk simbol yang terdapat dalm office. Kenapa harus menggunakan unicode? Karena jika kita menyisipkan suatu simbol unicode sebagai nama folder atau file kita, virus tidak mampu untuk mendeteksi file tersebut. cara penggunaanyapun cukup mudah kita tinggal menyisipkan salah satu dari simbol unicode tersebut.

Berikut adalah simbol dari unicode itu sendiri:

Langkah pertama adalah kita membuat suatu file yang dikumpulkan dalam satu folder. Misal kita membuat folder yang bernama dataku.

Setelah itu kita menyisipkan salah satu simbol unicode. Caranya ialah ketika kita sudah masuk ke dalam office, pilih insert dan pilih symbol setelah itu ganti from menjadi unicode.

Setelah itu kita pilih salah satu simbol dari unicode tersebut dan sisipkan pada folder yang telah kita buat tadi yaitu dataku.

Nama foldernya pun berubah menjadi ΔdatakuΔ.

Teknik penyimpanan data seperti ini telah banyak digunakan di berbagai macam software terkemuka. Salah satunya ialah pada software antivirus buatan indonesia yaitu smadav,salah satu fitur dari antivirus ini adalah adanya brankas smadav dimana data yang kita simpan di dalam folder tersebut aman dari ancaman virus karena software telah mengadopsi teknik pemakaian simbol unicode ini.

Cukup mudah bukan?

Simpel dan tanpa harus memakai software tambahan apapun, semoga bermanfaat

Salam...

Tidak ada komentar:

Know us

Contact us

Nama

Email *

Pesan *