Rabu, 15 Desember 2010

kolaborasi belajar dan bepergian tanpa bepergian


Kolaborasi dan Belajar Tanpa Bepergian

Sistem jejaring internet sekarang memungkinkan berbagai pertemuan dilakukan tidak di suatu tempat tertentu saja, tapi juga memungkinkan untuk dilakukan di ota yang berbeda di seluruh dunia. Jarak sudah tidak lagi menjadi kendala, dan bekerja dan berkolaborasi dalam berbegai proyek pun menjadi menyenangkan
Salah satu sistem yang dikembangkan oleh perusahaan jejaring digital ternama dunia Cisco Systems Inc, dalah produk konferensi jarak jauh yang disebut Cisco webex (www.webex.com) yang memberikan solusi bagi siapa saja untuk keperluan apa saja melakukan pekerjaan, kolaborasi, bertukar gagasan, konferensi, bahkan pelatihan dan pendidkan jarak jauh.
Pengguna jas Cisco webex ini beragam, sesuai dengan kebutuhan kita. Ada yang berlangganan secara bulanan dengan jumlah yang berbeda-beda. Penggunaannya pun sederhana, tidak memerlukan keahlian khusus, dan memanfaatkan berbagai perangkat internet seperti email untuk mengundang para peserta konferensi melalui Cisco webex.

Ketuka email diterima, akan ada alamat internet (URL) yang harus diakses oleh para peserta, dan muncul tampilan layar baru pada monitor komputer kita. Ada user id dan kata sandi yang harus dimasukkan kalau memerlukan konferensi dilakukan secara aman.
Yang menarik dari Cisco webex ini adalah kombinasi antara penggunaan akses internet dengan akses sistem telekomunikasi yang digelar oleh para operator seluler maupun jaringan kabel PSTN. Ketika kita memasukkan nomor ponsel, akan ada call back pada ponsel, sehingga penerima ponsel tersebut tidak perlu membayar pulsa pada saat mengikuti konferensi jarak jauh.

Panggilan balik tersebut akan menyuarakan para peserta yang sedang memberikan paparan, dan didengar oleh seluruh peserta dengan kualitas suara yang jernih dan jelas dimana saja didunia. Ini karena Cisco webex terkoneksi dengan seluruh operator didunia, seolah-olah kita berbicara dalam konferensi dalam suatu ruangan.
Dalam konferensi jarak jauh melalui Cisco webex ini, juga dimungkinkan untuk menampilkan tayangan Powerpoint dari salah satu peserta konferensi yang memberikan paparan, atau tukar menukar file yang menjadi bagian dari proyek tertentu.

Solusi telekonferensi jarak jauh ini setidaknya mengurangi anggaran untuk melakukan perjalanan dan akomodasi, karena peserta konferensi atau pelatihan tidak perlu melakukan penerbangan lintas dunia dan menginap di hotel selama berlangsungnya konferensi.
Cisco webex adalah sebuah solusi menarik untuk memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi informasi, sebagai bagian untuk menekan biaya perjalanan, biaya akomodasi, dan memungkinkan peserta untuk secara interaktif kapan saja dan dimana saja mengembangkan berbagai proyek penting.

Tidak ada komentar:

Know us

Contact us

Nama

Email *

Pesan *